Loading...

Pentingnya Air Untuk Kelinci

7

Singkatnya, air sangat penting. Untuk semua mahluk hidup. Kelinci harus memiliki akses ke banyak air segar setiap saat. Kelinci yang makan banyak rumput dan sayuran hijau akan minum lebih sedikit, sementara mereka yang makan sebagian besar rumput hay / jerami akan minum lebih banyak.

Mangkuk lebih baik daripada botol karena meminum dari genangan air adalah sifat alami kelinci. Dengan menggunakan botol bisa saja menjadi tersumbat karena suatu hal, semisal bulu menempel dan mengeras pada ujung botol dan akan membuat kelincimu sulit untuk minum, pastikan selalu tidak ada apapun yang menyumbat ujung botol.

Kelinci minum dari botol

Mangkuk tidak akan tersumbat, tetapi mungkin akan tumpah atau jatuh sehingga ada baiknya kamu menyediakan mangkuk dan botol jika bisa. Ganti air setiap hari, bersihkan secara teratur, dan jauhkan dari kotoran. Sesuaikan ukuran mangkuk dengan ukuran kelincimu, jangan sampai kelincimu malah melompat masuk kedalam mangkuk yang berisi air.

Mengapa air itu penting?

Ini memiliki empat fungsi utama, semuanya sangat penting.

  • Air membuat setiap sel dan organ tubuh tetap hidup.
  • Air adalah bagian utama dari darah, dan kelincimu tidak akan bisa hidup tanpanya.
  • Air membuat semuanya bergerak di usus.
  • Air mengeluarkan kelebihan kalsium.

Sekarang, ayo kita perhatikan dua fungsi terakhir secara spesifik.

Membuat semuanya bergerak di usus.

Sistem pencernaan hanya berfungsi dengan baik bila terhidrasi dengan baik. Makanan yang dicerna harus tetap lembab agar dapat bergerak bebas melalui sistem pencernaa. Jika terlalu kering itu akan menghalangi usus dan itu mengarah ke masalah yang sangat serius yang disebut Gastro-Intestinal Stasis atau Ileus (GI Statis). Semakin lama isi yang dicerna berada di usus besar, lebih banyak air akan dikeluarkan dari usus dan masuk ke aliran darah. Hal ini menyebabkan lebih banyak dehidrasi dari konten yang menambah penyumbatan, sehingga keterlambatan dalam perawatan dapat benar-benar menambah masalah. Ketika ini terjadi kelincimu tidak akan menghasilkan kotoran atau mengluarkan kotoran yang sangat kecil, yang keras dan dia tidak akan nafsu makan. Ini mengancam jiwa kelinci dan kamu harus segera membawa kelincimu ke dokter hewan yang paham kelinci.

Membuang kelebihan kalsium

Tidak seperti manusia, tubuh kelinci menyerap setiap kalsium dari makanannya. Mereka memang membutuhkan banyak kalsium untuk menjaga tulang kuat dan pertumbuhan gigi, tetapi tidak sebanyak yang diserap. Apa pun yang tidak mereka butuhkan akan bercampur di dalam urin mereka, itulah sebabnya urin kelinci sering kali berkapur berwarna putih. Pasti kamu pernah melihatnya, bukan ?

Terlalu banyak atau terlalu sedikit kalsium juga dapat menyebabkan masalah. Terlalu sedikit asupan kalsium berkaitan dengan penyakit gigi, sementara terlalu banyak kalsium menyebabkan batu kemih dan masalah kandung kemih (ginjal). Air sangat penting untuk memastikan bahwa apa yang tidak mereka butuhkan dibersihkan melalui ginjal dan kandung kemih. Jika menumpuk, mereka bisa mendapatkan endapan pada kandung kemih, batu kandung kemih atau batu ginjal. Ini adalah kondisi yang sangat serius dan menghindarinya lebih baik daripada mencoba mengobatinya.

Tingkat kalsium dalam urin akan bervariasi tergantung pada pola makan kelincimu secara keseluruhan. Tanyakan saran kepada dokter hewan yang berpengalaman tentang kelinci jika kamu mengkhawatirkan terlalu banyak atau terlalu sedikit kalsium pada kelincimu.

Bagaimana jika terlalu banyak minum air?

Jika kamu melihat kelincimu minum lebih dari biasanya, itu bisa menjadi pertanda bahwa ia sedang menahat sakit atau stres. Pastikan tidak ada apa-apa di sekitar kandang mereka yang membuat mereka berubah perilaku, seperti kucing yang melintas dan sekali lagi, selalu ke dokter hewan untuk memeriksakan masalah kesehatan pada kelincimu.

One Reply to “Pentingnya Air Untuk Kelinci”

  1. Pingback: Mengenal Pencernaan dan Kotoran Kelinci - Bakpao Rabbit

Leave a Reply

Shopping cart

close