Loading...

Panduan Singkat Hewan Peliharaan : Kelinci

Kelinci adalah mamalia kecil folivora / herbivora (pemakan tumbuhan) dan termasuk dalam urutan taksonomi lagomorph. Mereka terutama aktif pada malam dan senja (nokturnal dan crepuskuler), sangat ramah dan hidup dalam kelompok sosial di alam liar. Sebagai hewan peliharaan, jangan biarkan mereka sendirian. Mereka membutuhkan pasangan dan teman bermain (laki-laki dikebiri dan perempuan) atau juga dalam kelompok yang lebih besar. Kelinci memiliki masa hidup sekitar 8 hingga 12 tahun. Mereka akan mencapai ukuran sekitar 50 cm dan berat sekitar 2 kg.

» Habitat Alami

Kelinci awalnya berasal dari Eropa barat daya, tetapi dengan cepat menyebar ke timur laut. Di alam liar mereka hidup di padang rumput dan di tepi hutan dan lebih suka pedesaan terbuka dengan vegetasi rendah rumput dan tumbuhan. Kelinci sering juga dapat ditemukan di taman dan kebun.

Sebagai hewan “pemakan tumbuhan / herbivora” (pemakan tumbuhan), makanan mereka terdiri dari berbagai varietas tanaman herba. Suplemen alami pasokan makanan ini dengan akar, sayuran dan buah.

» Nutrisi

Sama seperti semua mamalia kecil lainnya, kelinci memiliki kebutuhan nutrisi yang sangat spesifik. Sistem pencernaan sangat penting khususnya untuk kehidupan yang sehat dan aktif.

1. Gigi
Masing-masing rahang atas dan bawah memiliki dua gigi seri. Dua gigi pin tambahan di belakang gigi seri atas tidak memiliki fungsi. Gigi seri dan gigi molar kelinci memiliki satu kesamaan: mereka terus tumbuh sepanjang hidup mereka. Dan itu pada tingkat sekitar 8 mm sebulan.

Gigi Kelinci

Ini berarti:

a) gigi harus dalam posisi yang benar untuk memungkinkan abrasi, sehingga tidak tumbuh di luar kendali.

b) Pilihan makanan merupakan faktor yang sangat penting untuk abrasi gigi yang optimal dari gigi seri dan molar. Yang diperlukan adalah struktur berserat kasar.

2. Lambung
Lambung kelinci memiliki sedikit otot dan sedikit kontraksi, artinya ia tidak dapat memindahkan makanan yang dikunyah ke segmen usus bagian bawah. Proses ini dilakukan oleh porsi makanan berikutnya, begitu seterusnya.

Ini juga menjelaskan mengapa kelinci makan rata-rata 80 hingga 120 (gram) sehari.

Porsi makanan yang diberikan pada kelinci harus sesuai untuk kelinci dewasa maupun untuk kelinci muda dalam masa pertumbuhan. Ini akan membantu menghindari masalah pencernaan dan obesitas pada kelinci.

3. Usus
Usus besar adalah ruang fermentasi. Di sinilah partikel halus serat kasar diubah menjadi protein, vitamin B kompleks dan vitamin K oleh bakteri khusus.

Usus Kelinci (Gambar Pembedahan)

Bentuk material dari usus ini kemudian dikemas dan diubah menjadi kotoran kecil berbentuk bundar yang disebut cecotropes (terlihat seperti seikat anggur dan ditutupi oleh selaput berlendir), yang perlu dimakan kelinci lagi. Ini adalah proses alami yang sangat penting bagi kesehatan hewan.

Cecotrop Yang Ditemukan Pada Saluran Usus Kelinci

» Asupan kalsium yang dibutuhkan

Kelinci memiliki metabolisme kalsium khusus. Kalsium yang disediakan dalam tubuh mereka terutama ditemukan di tulang dan gigi. Pemberian kalsium dalam makanan karenanya sangat penting untuk menjaga kesehatan hewan.

Tetapi terlalu banyak kalsium di sisi lain juga dapat menyebabkan kerikil kemih atau bahkan batu kandung kemih pada kelinci dewasa, karena dikeluarkan melalui urin. Memilih komponen makanan yang tepat sangat penting untuk kesehatan kelinci.

Kandungan kalsium yang optimal dalam nutrisi dasar
Kelinci muda: 0.9%*
Kelinci dewasa: 0.6%

*Kelinci muda membutuhkan kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada kelinci dewasa karena mereka membutuhkannya dalam masa pertumbuhan.

» Pentingnya rasio serat kasar terhadap kandungan pati

Serat Kasar:
Serat kasar sangat penting untuk kesehatan kelinci: untuk aktivitas pencernaan, usus buntu, dan untuk abrasi gigi dengan cara struktur berserat kasar. Makanan yang baik harus mencakup sekitar 20% serat kasar.

Kandungan Pati:
Pati merupakan pemasok utama energi dan harus disediakan dalam makanan dalam jumlah terbatas. Nilai referensi untuk makanan yang baik adalah kurang dari 7% pati. Lebih dari ini akan menyiratkan pasokan energi yang kurang optimal.

Ketidaksejajaran rasio antara serat kasar dan pati dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang:

  • Terlalu sedikit serat kasar akan menyebabkan sembelit, perubahan flora usus dan kerusakan usus buntu.
  • Terlalu banyak kandungan pati akan menyebabkan mogok makan, perubahan flora usus, angin, diare, fermentasi dan obesitas.

Berdasarkan argunmen-argumen ini memperjelas mengapa dokter hewan merekomendasikan rasio minimum 3: 1 antara serat kasar dan kandungan pati.

» Pemeliharaan dan lingkungan

Kelinci tidak suka hidup sendiri. Sangat direkomendasikan untuk memberikan pasangan / teman untuk kelinci di rumah, dengan syarat salah satu dari mereka harus sudah dikebiri. Jika kelinci dengan jenis kelamin yang sama dan belum dikebiri dipelihara bersama-sama, mereka mungkin mulai saling menggigit begitu mereka mencapai kematangan seksual (masa birahi). Kelinci sebaiknya tidak dipelihara bersama dengan guinea pig (marmut) atau hewan pengerat lainnya. Kedua hewan tersebut berkomunikasi dengan cara yang berbeda, yang dapat menyebabkan konflik.

Lokasi kandang
Kandang paling baik ditempatkan di lokasi yang tidak terkena angin atau sinar matahari langsung. Lokasi yang tinggi menjadi pilihan terbaik karena kelinci jadi memiliki pandangan yang lebih baik dan hampir tidak merasa seperti menjadi mangsa. Suhu lingkungan optimal adalah antara 18 dan 22° C.

Ukuran kandang
Ukuran minimum yang disarankan untuk dua kelinci adalah 150 x 60 x 50 cm (P x L x T). Selain itu mereka perlu berlari di luar kandang setiap hari, yang perlu diawasi. Hanya dengan begitu mereka akan dapat menikmati perilaku alami mereka seperti melompat, menjelajahi lingkungan mereka dan bermain dengan pasangan mereka. Kelinci akan sangat senang sekali.

Aksesoris kandang
Aksesoris yang sesuai sangat penting untuk membuat kelinci betah berada di kandang. Di antara lain, termasuk rumah kecil berukuran setidaknya 35 x 20 x 35 cm untuk setiap kelinci. Kelinci adalah hewan yang suka mengawasi, oleh karena itu, setiap kandang juga harus ada area berbaring yang tinggi. Makanan harus disediakan dalam mangkuk tanah liat atau keramik yang tidak gampang dibalikkan, dan air bersih dalam botol minum atau mangkuk lain. Dengan menggunakan mangkuk minum, membuat kelinci akan minum lebih banyak, karena cara minum ini dapat meningkatkan perilaku alami mereka. Jumlah rumput hay (jerami) yang cukup harus disediakan di rak jerami setiap hari.

Toilet
Cara terbaik adalah menggunakan serbuk kayu yang menyerap dan mengikat bau dan amonia.

Menjaga binatang di luar rumah
Kelinci dapat dipelihara di luar rumah. Pastikan bahwa mereka terlindungi dari angin, sinar matahari langsung, hujan dan predator. Penting juga untuk memperhatikan kandang (jika terbuat dari kayu) agar tidak rusak. Jika kelinci dipelihara di luar ruangan di musim dingin / hujan, penting untuk mengetahui bahwa metabolisme mereka akan berubah, bulu mereka akan menjadi lebih tebal, dan saluran pernapasan mereka akan terkena tekanan yang lebih besar daripada di musim panas. Kebutuhan mereka akan vitamin dan protein akan meningkat. Makanan yang dipilih harus memenuhi persyaratan ini. Lalu apa yang diperlukan lagi untuk musim dingin adalah kandang yang bebas dari angin dingin, cipratan hujan atau rumah kecil untuk kelinci bersembunyi.

» Tanda-tanda penyakit

Bagaimana saya bisa tahu jika hewan peliharaan saya sakit atau merasa tidak sehat?

Penting untuk mengamati hewan peliharaan kamu setiap hari. Hanya ketika kamu mengetahui tingkah laku kelincimu dengan baik, kamu akan dapat mengetahui apakah perilakunya berubah, apakah ia berpaling atau terpisah dari teman sekandang / kelompoknya, atau jika ia minum dan makan lebih sedikit. Penurunan berat badan dan perubahan perilaku pada saat buang kotran atau buang air juga bisa mengindikasikan penyakit. Selain itu, hewan yang sakit sering kali menunjukkan perilaku perawatan dan pembersihan ke diri sendiri yang berkurang. Bulu mereka akan terlihat lebih acak-acakan. Indikasi nyeri misalnya meliputi punggung melengkung, postur tubuh yang meringkuk, bulu yang bengkok, mata yang setengah tertutup / sayu dan bunyi gigi yang bergemeretak. Jika salah satu dari gejala ini muncul, hewan bagusnya harus diperiksa oleh dokter hewan.

Sumber : https://bunny-nature.com dengan sedikit perubahan.

Leave a Reply

Shopping cart

close