Loading...

Mengapa kelinci saya tidak mau makan dan bagaimana mengatasinya?

42

Memberi makan kelinci

Jika kelincimu tidak memakan makanan yang seharusnya mereka butuhkan, saya sarankan agar kamu mengunjungi dokter hewan untuk mendeteksi kemungkinan masalah kesehatan kelincimu terlebih dahulu. Atau jika tidak ada masalah kesehatan. untuk mendorong kelincimu memakan rumput hay yang seharusnya mereka butuhkan, kamu bisa memberikan rumput hay dengan kualitas terbaik yang ada di pasaran. Kamu juga dapat mengurangi ukuran porsi dan secara bertahap menyesuaikan pola makan kelincimu dari waktu ke waktu, jika masalahnya adalah terlalu banyak memberikan makanan.

Dorong kelincimu untuk makan lebih banyak rumput hay

Beberapa kelinci enggan makan rumput hay. Kelainan pada gigi (Malocclusion) bisa saja terjadi pada kelincimu dan menyebabkan ketidaknyamanan saat mengunyah sehingga kelincimu jadi kurang makan rumput hay. Periksalah gigi kelincimu secara teratur.

Jika kelinci enggan makan, bawa ke dokter hewan untuk memeriksa tidak ada masalah kesehatan yang mendasarinya.

Jika mereka masih enggan makan rumput hay, baca terus artikel ini

Variasi

Berikan kelincimu akses konstan ke rumput hay kualitas terbaik, yang bebas debu / berbau manis / sedikit hijau dengan helai panjang.

Hay / rumput kering tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya. rumput hay berbentuk yang dipres kotak / hay cookies / atau dalam bentuk rumput dengan variasi jenis rumput yang berbeda. Cobalah berbagai jenis variasi tersebut untuk melihat mana yang kelincimu sukai. Pemberian rumput hay bervarias itu sangatlah baik; kamu bisa menambahkan porsi makan rumput hay beberapa kali sehari untuk menjaga kelinci tetap sehat.

Berikan selalu rumput hay yang bersih dengan kualitas terbaik.

Jenis rumput hay yang berbeda:

  • Kelinci dewasa (diatas 6 bulan) sangat membutuhkan rumput hay (mis. Timothy ) yang mengandung lebih banyak serat dan kalsium lebih sedikit daripada rumput hay jenis kacang-kacangan (mis. Alfalfa). Rumput Alfalfa menganduk lebih tinggi kalsium dan protein; pemberian makan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kencing / ginjal.
  • Untuk kelinci muda / hamil / menyusui, hay jenis kacang-kacang sangatlah cocok (mis. Alfalfa).

Kurangi ukuran porsi

Kelincimu mungkin tidak makan rumput hay jika ada makanan enak lainnya tersedia, atau mereka belum pernah makan rumput hay sebelumnya. Selalu periksa dan perhatikan ukuran porsi makan mereka:

  • Pastikan kamu hanya memberi makan pelet / nugget dalam jumlah sedikit setiap hari (sekitar 20 – 50 gram / kg berat badan). Itu sudah lebih dari cukup.
  • Beri makan sejumput sayuran hijau berserat tinggi setiap hari.
  • Secara bertahap mengurangi pelet dan hijauan. Lakukan perubahan pola makan secara perlahan, berdasarkan saran dokter hewan, untuk menghindari gangguan pencernaan pada perut kelinci dan memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.
  • Pertimbangkan untuk menghapus camilan dari daftar makanan kelincimu untuk sementara.

Jadikan waktu makan mereka menarik

  • Masukkan rumput hay ke tabung gulungan tisu toilet / kotak kardus dengan hijauan kering atau pelet.
  • Sebarkan pelet atau hijauan kering / potongan sayuran mereka melalui pada tempat dimana kamu meletakkan rumput hay.

Pantau dan perhatikan terus kelincimu

Monitor kotoran kelincimu. Kotoran kecil / berwarna sangat gelap / tidak teratur bisa berarti mereka kekurangan serat.

Jika kebiasaan makan / minum kelinci berubah atau berkurang bahkan sampai berhenti, segeralah berbicara dengan dokter hewan karena mereka bisa saja sedang sakit parah.

Leave a Reply

Shopping cart

close