Loading...

Kelinci dan Rumput Segar

38

Dengan semua makanan kering yang beredar di pasaran, berbagai jenis pelet dan camilan tersedia untuk pemilik kelinci sebagai pilihan pola makan untuk kelinci, tapi terkadang ada makanan kelinci yang paling sederhana dan mulai diabaikan. Rumput!, rumput adalah makanan yang paling alami untuk dimakan kelinci dan pastinya tersedia dengan atau tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Rasanya enak, tentu jika kamu adalah seekor kelinci :), dan akan sering menggoda kelinci daripada rumput hay / jerami. Rumput sehar juga tinggi akan serat, bagus untuk abrasi gigi dan tentu saja sistem pencernaan kelinci telah disempurnakan untuk mencernanya, karena memang rumput adalah makanan alami mereka.

Jadi mengapa banyak kelinci pelihara yang tidak pernah mendapatkan rumput segar?

Sering kali ada kekhawatiran di antara pemilik kelinci bahwa makanan segar dapat mengganggu pencernaan / usus dan menyebabkan diare. Memang benar, jika kamu tiba-tiba memberi kelinci kamu tumpukan rumput yang banyak, itu mungkin akan mengganggu usus mereka, tetapi perlu diingat makanan kering atau camilan dalam jumlah banyak akan memiliki efek yang sama. Makanan baru perlu diperkenalkan pada kelinci secara bertahap. Mulailah dengan memberi makan rumput dalam jumlah kecil setiap hari dan menumpuknya sedikit demi sedikit selama lebih dari 10 hari.

Jika kamu memetik rumput, daripada membiarkan kelincimu merumput, gunakan gunting atau bisa dengan menarik rumput ke atas. Jangan memberi rumput yang berasal dari mesin pemotong rumput. Sifat panas dan menghancurkan pada mesin menyebabkan rumput mulai berfermentasi yang akan mengganggu sistem pencernaan / usus mereka jika dimakan.

Bagaiman jika kamu tidak punya halaman? Tidak masalah. Rumput mudah tumbuh dan dapat ditanam di baki, pot atau dimanapun. Masukkan pupuk kompos dan tanah dalam baki atau pot dan taburkan benih rumput di atasnya. Siram jika sudah kering dan tunggu hingga rumput tumbuh.

Kamu juga dapat memotong rumput sendiri atau meletakkan seluruh baki / pot yang berisi rumput tadi di kandang kelincimu. Jika kamu meletakkan pot itu di kandang kelincimu, keluarkan lagi setelah mereka memakannya dan biarkan rumput tumbuh kembali. Dalam beberapa minggu akan siap bagi mereka untuk makan lagi. Selain lezat, ini juga merupakan bentuk pengayaan yang sangat baik untuk mencegah kelincimu bosan.

Benih rumput yang umum tumbuh di halaman tidak apa-apa untuk digunakan tetapi kamu juga dapat membeli benih rumput Timothy atau Alfalfa , akhir-akhir ini sudah banyak yang menjual jenis bibit rumput ini di Indonesia.

Tumbuhan yang berbeda membantu menyediakan vitamin & mineral yang berbeda, tiru pola makan kelinci liar yang mengandung bermacam-macam tanaman selain rumput.

Bakpao Rabbit

Leave a Reply

Shopping cart

close