Loading...

Beberapa Cara Supaya Kelincimu Lebih Banyak Makan Rumput Hay

9

Mengingat setidaknya 80% dari pola makan kelinci harus berupa rumput hay / jerami, ada sejumlah pemilik kelinci yang khawatir yang melaporkan kelinci mereka makan sangat sedikit rumput hay bahkan sampai tidak sama sekali. Kandungan rumput hay / jerami yang tinggi serat sangat penting untuk memelihara kesehatan pencernaan / usus dan gigi, serta sebagai memberikan aktivitas penghilang kebosanan untuk kelincimu, kelinci akan terus mengunyah dan mengunyah selama ada rumput hay disekitar mereka.

Banyak masalah kesehatan umum dan yang berpotensi serius disebabkan atau diperburuk oleh kekurangan makan rumput hay, termasuk:

  • GI Statis
  • Kelebihan Cecotropes (kotoran lengket berbentuk anggur) yang dapat menyebabkan fly strike.
  • Gigi yang tumbuh berlebihan dapat menyebabkan abses gigi dan GI statis.

Di bawah ini adalah beberapa tips terbaik untuk membuat kelincimu menjadi pemakan rumput hay.

1. Berikan Rumput Hay Kualitas Terbaik

Rumput Hay yang ada di pasaran terdiri dari berbagai varietas dan rasa yang berbeda. Beberapa orang menyukai Timothy Hay yang renyah, yang lain seperti Orchard Hay yang memiliki aroma yang lebih manis. Beberapa kelinci bisa saja menjadi sangat rewel tentang jenis rumput yang kamu berikan ke mereka, kamu harus bisa tahu apa jenis rumput hay apa yang kelincimu sukai.

Saat memilih rumput hay, hindari varietas plastik kemasan (repack) yang potongan rumputnya berwarna kecoklatan yang bisa saja kamu temukan di banyak toko hewan peliharaan. Cari yang memiliki sedikit helai hijau panjang dengan aroma wangi segar dan tidak terlalu banyak debu. Rumput hay banyak dijual di toko hewan terdekat.

Produsen makanan untuk hewan kecil, Oxbow memiliki berbagai macam jenis rumpuy hay yang berbeda yang dapat kamu coba berikan ke kelincimu. Kamu tidak harus menggunakan satu varietas saja, kamu bisa mencampur dan mencocokkan untuk mengetahui rumput hay yang paling disukai kelincimu.

2. Letakkan Hay Dimana Kelincimu Sering Rebahan

Kelinci lebih suka mengunyah rumput hay saat mereka beristirahat dan saat mereka menggunakan tempat toilet. Menempatkan jerami di tempat-tempat ini membuat kelincimu kemungkinan besar akan memakannya. Jika kamu tidak ingin meletakkan rumput hay di dekat toilet, gantung rak rumput hay di atasnya menggunakan hay ball atau sejenisnya

3. Masukkan Hay ke dalam Mainan

Kebanyakan kelinci suka bermain dan melempar mainan mereka. Memasukkan rumput hay ke dalam aktivitas bermain dapat mendorong mereka untuk menarik, menggigit, dan mengunyah rumput hay. Bola berlubang atau tabung karton yang diisi dengan jerami bisa digantung di kandang atau diletakkan ke sekeliling oleh kelincimu.

4. Tambahkan Hiasan

Kamu bisa membuat rumput hay lebih menarik untuk kelincimu dengan mencampur makanan yang paling mereka sukai. Seperti makanan / camilan kering, sayuran segar atau herbal kering yang diselipkan di rumput hay. Jadi mereka akan mencari di rumput hay untuk mendapatkan “hadiah tersembunyi” tersebut dan diharapkan mereka akan memakan rumput hay juga.

5. Kurangi Makanan Kering

Kebanyakan kelinci memiliki kebiasaan makan rumput hay yang buruk karena mereka makan terlalu banyak makanan kering seperti pelet. Kelinci dewasa yang sehat hanya boleh diberi makan sedikit makanan kering (paling banyak sekitar 50g untuk kelinci dewasa ukuran rata-rata per hari). Makanan kering rasanya enak tetapi tidak memberikan tingkat serat dan gerakan mengunyah yang dibutuhkan untuk menjaga kelincimu tetap sehat. Mengurangi jumlah makanan kering membantu mendorong mereka untuk makan lebih banyak rumput hay.

Perubahan kebiasaan pola makan bisa jadi mengindikasikan adanya masalah gigi dan harus segera diperiksa oleh dokter hewan. Jika kelincimu berhenti makan jerami, mulai sering berliur, memiliki gigi depan lebih panjang dari biasanya, gigi depan dipenuhi bulu yang tersangkut atau tidak mengunyah dengan normal kamu perlu datang ke dokter hewan.

Bakpao Rabbit

Leave a Reply

Shopping cart

close