Loading...

Apakah kamu tahu cara melindungi kelincimu dari serangan lalat (Fly Strike)?

6

Fly Strike terjadi ketika lalat bertelur di kulit kelinci dan telur menetas menjadi belatung yang bersembunyi di bawah kulit. Tanpa perawatan, fly strike bisa berakibat fatal.

Kamu bisa meminimalkan risiko serangan lalat dengan mengurangi lalat yang berterbangan di sekitar kelincimu / kandang kelincimu, memastikan kelincimu tidak menarik bagi lalat dan memeriksa kelincimu secara teratur.

Tahun 2016 lalu, saya pernah memiliki seekor kelinci yang tidak saya sadari terserang fly strike, dimana ada larva belatung di sekitar pipi kelinci yang menyebabkan kelinci menjadi mogok makan.

Tahun 2018 lalu, pernah ada kasus seekor kelinci dibawa ke toko Bakpao Rabbit yang mempunyai banyak belatung di bagian bawah perut sekitar alat kelamin dalam jumlah yang banyak.

FlyStrike di area kelamin kelinci

Mengontrol Jumlah Lalat

Kebersihan dan mengontrol lalat yang ada di sekitar kelincimu akan membantu melindungi kelincimu dari serangan lalat. Untuk meminimalkan lalat di dekat kelinci, kamu harus:

  • Mebersihkan kotoran pada kandang kelinci / toilet setiap hari.
  • Gantung pengharum ruangan di sekitar / di dekat kandang kelincimu.
  • Tempatkan dan buang kotoran kelinci dalam wadah plastik tertutup, jauh dari area kelinci, dan bersihkan nampan / tempat menampung kotoran kelinci secara teratur dengan disinfektan.
  • Kelambu atau kain tipis dapat ditempatkan di jendela atau bagian kandang kelincimu.
  • Bersihkan makanan yang belum dimakan atau dalam kondisi lembab.

Kelinci Berisiko Tinggi

Beberapa kelinci berisiko lebih tinggi terhadap serangan lalat dibandingkan yang lain. Berikut ini adalah faktor dengan risiko tinggi:

  • Kelinci dengan masalah mobilitas, radang sendi atau kelinci yang memiliki kelebihan berat badan. Kelinci dalam kategori ini dapat mengalami kesulitan membersihkan diri sendiri yang dapat menarik lalat untuk hinggap.
  • Kelinci yang kotorannya lengket (kelebihan cecotropes) menempel di bulu mereka. Ini membuat kelinci sangat menarik bagi lalat. Ini dapat dihindari dengan perubahan pada pola makan termasuk mendorong kelincimu untuk makan lebih banyak rumput hay / jerami.
  • Kelinci dengan bulu panjang. Ini dapat membuat pembersihan lebih sulit dan memberikan area lembab yang hanga dan menarik bagi lalat.
  • Kelinci dengan luka terbuka. Luka terbuka sangat menarik bagi lalat. Kamu harus memeriksa kelincimu secara teratur apakah ada luka dan melakukan tindakan pencegahan ekstra.
  • Kelinci dengan bulu basah. Bulu basah sangat menarik bagi lalat. Kamu tidak harus memandikan kelincimu jika kamu tidak memiliki pengalaman. Juga waspada terhadap kelinci dengan masalah gigi yang mungkin mulutnya akan terus menerus mengeluarkan air liur yang berbau dan mengundang lalat.

Jika kelincimu termasuk dalam kelompok berisiko tinggi, lakukan saran yang telah ditulis di atas, dan jangan lupa perhatikan hal-hl berikut ini:

Periksa Kelincimu

Belatung berkembang dengan cepat sehingga kelinci harus diperiksa dua kali sehari untuk mendeteksi serangan lalat sedini mungkin sehingga dapat diobati dengan cepat. Telur lalat kecil berwarna putih / krem ​​/ kuning dan berbentuk seperti sebutir beras. Belatung adalah larva pendek yang tampak gemuk berwarna putih dan kuning. Kamu harus secara khusus memeriksa area di sekitar ekor kelinci dan di antara kedua kakinya.

Jika kamu menemukan kelincimu terjangkit flystrike, segera hubungi dokter hewan. Jangan coba-coba membersihkannya sendiri, karena bulu yang lembap dapat membuat bulu binatang lebih sulit dibersihkan. Kamu dapat mengambil telur / belatung dengan capit kecil dalam perjalanan ke dokter hewan.

Dokter hewan akan mencukur area yang terjangkit dan mengeluarkan belatung di bawah kulit kemudian merawat kelinci dengan cairan khusus, obat penghilang rasa sakit dan antibiotik untuk mencegah infeksi.

Bakpao Rabbit

One Reply to “Apakah kamu tahu cara melindungi kelincimu dari serangan lalat (Fly Strike)?”

  1. Pingback: Beberapa Cara Supaya Kelincimu Lebih Banyak Makan Rumput Hay - Bakpao Rabbit

Leave a Reply

Shopping cart

close