Loading...

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kelinciku Hamil Atau Melahirkan?

13

Halo semua orang tua kelinci. Kali ini Aku akan membagikan pengalamanku tentang apa yang harus dilakukan ketika kelinci kita hamil atau melahirkan.

Pada hari ini tanggal 25 Februari 2019, kelinciku jenis Netherland Dwarf berwarna Black Otter telah melahirkan 4 ekor bayi kelinci yang lucu. Beberapa minggu sebelumnya memang Aku sudah melakukan palpasi pada kelinci Netherland Dwarfku dan memprediksi bahwa kelinciku sedang hamil. 4 ekor bayi kelinci ini berwarna Broken Black, berwarna dasar putih dengan motif titik-titik hitam diseluruh tubuhnya, persis seperti induk pejantannya alias bapaknya. Hehehe.

Bayi kelinci Netherland Dwarf berjumlah 4 ekor.

Nah, jika kalian menemukan dan mengetahui kelinci kamu hamil, ini beberapa hal yang harus kamu lakukan :

  1. Jika kelinci betina sekandang dengan jantan, segera pisahkan jantan ke kandang lain, jangan biarkan kelinci betina kamu yang sedang hamil merasa tidak nyaman dengan adanya kelinci pejantan.
  2. Pastikan kamu menyiapkan kotak sarang / nest box / kotak melahirkan untuk kelinci betina kamu ketika kelinci betina siap untuk melahirkan bayi kelincinya.
  3. Sediakan selalu makanan yang bernutrisi. Jangan biarkan mangkuk tempat makan kelinci betina yang sedang hamil dalam keadaan kosong.
  4. Rumput jerami, rumput hay harus tersedia setiap saat. Perlu kamu tahu, kelinci itu adalah hewan yang sayang dengan bayi kelincinya, di habitat alaminya kelinci membuat sarang dengan menggali tanah. Nah dengan rumput hay ini, induk kelinci betina akan membuat sarangnya di kotak yang telah kita sediakan sebelumnya sembari merontokkan bulunya sebagai media penghangat untuk bayi kelincinya nanti.
  5. Hindari kondisi lingkungan yang ramai akan suara, suara berisik yang mengganggu tentu akan membuat kelinci betina yang sedang hamil khawatir.
Kelinciku beberapa saat setelah melahirkan.

Bagaimana Ketika Kelinci Sudah Melahirkan ?

Banyak orang yang belum memiliki pengalaman menangani kelinci yang baru saja melahirkan mengajukan pertanyaan, “Apa yang harus aku lakukan ketika kelinciku melahirkan?”. Bakpao Rabbit akan menjawab beberapa pertanyaan umum dan penanganan tepat ketika kelinci kamu melahirkan. Berikut adalah tips juga pertanyaan dan jawabannya ketika kelinci kamu melahirkan.

  1. Pastikan jika kamu melihat kelinci melahirkan dalam kondisi tidak terduga, semisal kamu tidak tahu bahwa kelinci kamu hamil dan kelincimu melahirkan secara tiba-tiba, segera pisahkan kelinci pejantan yang berada di dalam lingkungan kelinci betina (jika ada).
  2. Buatkan segera kotak sarang, bisa dibuat dengan kardus indomi yang dibuat lubang ditengahnya. Dan masukkan bayi kelinci yang baru lahir ke dalam kotak sarang tadi. Jangan lupa gunakan tisu untuk mengambil bayi kelinci yang baru lahir supaya bau tangan kita tidak tercampur. Beberapa induk kelinci sangat sensitif dengan bau yang berbeda pada bayi kelincinya yang menyebabkan induk kelinci tidak menyusui bayinya.
  3. Pastikan kotak sarang tadi dalam kondisi yang tidak dapat digerakkan, diterbalikkan, digoyangkan. Biasanya Bakpao Rabbit menggunakan cable teas atau tali untuk mengikat kotak sarang buatan yang ringan ke besi kandang. Jika menggunakan kotak sarang model kayu, tidak perlu dilakukan pengikatan. Cukup letakkan kotak sarang model kayu di tempat yang tepat, semisal di pojok kandang.
  4. Jangan panik ketika melihat kelinci kamu melahirkan. Biarkan alam yang bekerja. Untuk kamu yang berharap memiliki bayi kelinci, perlu kamu ketahui dan pahami, menambah bayi kelinci sama dengan menambah biaya pengeluaran untuk kelincimu, jadi kamu harus siap dengan itu.
  5. Banyak sekali resiko pada saat kelinci melahirkan. Diantaranya induk kelinci betina yang tidak mau menyusui, induk betina tidak membuat sarang, induk betina tidak merontokkan bulunya, bayi kelinci yang kekurangan gizi, cacat lahir atau prematur, dan lain-lain. Jadi jangan terlalu berharap, tapi kamu harus melakukan yang terbaik untuk bayi kelinci dan induknya.
  6. Aku sangat menyarankan agar induk kelinci betina diberikan makanan dengan kadar protein yang tinggi. Karena indukan yang baru saja melahirkan membutuhkan nutrisi lebih untuk menyusui bayinya. Kelincimu sehat, bayi kelinci juga akan besar dengan sehat.
  7. Berbeda dengan hewan lainnya, semisal kucing yang menyusi bayinya begitu induk kucing melahirkan. Kelinci tidak melakukan hal tersebut. Pada pertama kali kelinci melahirkan, induk betina hanya membersihkan selaput yang menyelimuti bayi kelinci lalu setelah semua bayi dikeluarkan, maka induk kelinci akan beristirahat. Kelinci biasanya akan menyusui bayi kelincinya pada sore atau malam hari, sering juga menyusui pada pagi hari. Jadi tidak perlu kaget kalau kelincimu tidak menyusui bayinya. Yang perlu kamu perhatikan adalah hari berikutnya, kamu harus bisa membedakan ukuran bayi kelinci. Jika bayi kelinci disusui oleh induknya, makan perut bayi kelinci akan membulat besar.
  8. Pastikan makanan, minuman, hay, camilan tersedia untuk induk kelinci kesayanganmu. Perhatikan juga induk betinanya, kesehatan induk betina sangatlah penting untuk menjaga kelinci betina merawat bayi kelincinya.
Makanan yang baik untuk kelinci hamil dan menyusui.

1. Apa yang harus saya lakukan ketika kelinci saya melahirkan?
Siapkan kotak sarang yang bersisi hay, masukkan bayi kelinci kesana, dan pisahkan indukan jantan.

2. Apakah indukan harus dipisahkan dengan bayinya?
Ya untuk jantan, induk jantan harus segera mungkin dipisah ke kandang lain. Tidak untuk betina. Memisahkan induk betina dengan bayinya adalah hal yang jahat, bagaimana jika nanti induk betina ingin menyusui anaknya.

3. Indukan kelinci saya tidak menyusui, saya harus apa?
Oke, pertama kamu harus yakinkan dahulu sudah berapa lama induk tidak menyusui? Apakah pertanyaan ini mengacu pada saat kelinci baru saja melahirkan? Induk betina tidak langsung menyusui anaknya ketika kelinci melahirkan bayinya. Biasanya akan disusui pada sore, malam, bahkan pagi hari menjelang subuh, tapi tidak menutup kemungkinan siang hari juga tergantung bagaimana induk kelinci. Induk kelinci adalah hewan yang penyayang dengan bayinya.

4. Saya tidak memiliki kotak sarang, pakai apa yah?
Biasanya aku pakai keranjang plastik seperti pada gambar di atas, atau bisa juga pakai kardus mi instant atau kardus air mineral dengan menggunting setengah dari tinggi kardus lalu membuat pintu masuk berbentuk “U” di sisi kardus.

5. Perlukah saya membawa indukan kelinci saya ke dokter hewan setelah melahirkan?
Ini adalah opsional, jika memang diperlukan dalam kondisi tertentu maka memang harus ada bantuan dokter. Semisal ada gejala pendarahan atau bayi kelinci tersangkut ketika melahirkan. Butuh penanganan medis yang berkompeten untuk melakukan operasi.

6. Anakan kelinci saya kurus tidak disusui seharian, apa yang harus saya lakukan?
Ini lebih condong ke seleksi alam, indukan kelinci tidak menyusui ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, semisal seperti tidak keluarnya air susu induknya, faktor lingkungan yang tidak bersahabat sehingga induk kelinci tidak merasa aman dan nyaman, termasuk faktor asupan gizi induk yang kurang. Berikan selalu makanan yang bergizi sehingga hal ini bisa diminimalisir. Satu lagi, jangan terlalu berharap kita memiliki bayi kelinci, biarkan alam bekerja, jika memang belum waktunya, kita harus menerimanya, akan ada saat dimana induk betina akan mulai bertanggung jawab mengurus bayi kelincinya.

7. Perlukah saya memberikan susu tambahan ke bayi kelinci saya yang tidak disusui oleh induknya?
Aku sendiri pernah melakukan hal ini, aku menyarankan menggunakan susu dengan kandungan rendah atau non-laktosa. Aku biasa menggunakan SGM LLM+ dan SGM Ananda. Dibuat tidak terlalu kental, berikan dengan spet berukuran 1ml. Berikan setetes demi setetes, perlu kesabaran untuk melakukan ini.

8. Adakah opsi lain?
Kamu bisa menggunakan induk betina lain yang sedang melahirkan bayi kelinci, induk betina akan merasa bahwa bayi titipan tersebut adalah bayinya sehingga akan membantu untuk menyusuinya.

9. Berapa lama bayi kelinci harus bersama induknya?
Normalnya, bayi kelinci sudah bisa dilepas sapih pada usia 50 hari, akan tetapi Aku menyarankan agar melepas sapih bayi kelinci pada usia tepat 2 bulan. Dimana bayi kelinci memang sudah bisa makan makanan lain selain susu induknya. Aku punya pengalaman memiliki bayi kelinci yang manja sekali menyusui induknya hingga usia 4 bulan.

10. Makanan apa yang harus diberikan jika bayi kelinci sudah lepas sapih dari indukan?
Kelinci yang masih muda sangat membutuhkan asupan nutrisi yang bagus, berprotein tinggi untuk pengembangan badannya. Kamu harus mencari makanan kelinci dengan kualitas baik untuk anak kelincimu. Jangan lupa rumput jerami alfalfa sangatlah penting untuk kelinci usia muda.

Semoga tips dan beberapa pertanyaan umum seputar kelinci hamil dan melahirkan ini dapat membantu kalian. Aku akan mengupdate artikel ini jika memang dibutuhkan dan ada pertanyaan lain.

Leave a Reply

Shopping cart

close