Loading...

Apakah Kamu Tahu Makanan Apa Yang Harus Kamu Berikan Ke Kelincimu?

Apakah Kamu Tahu Makanan Apa Yang Harus Kamu Berikan Ke Kelincimu?

Secara umum, kelinci peliharaan di rumahmu memiliki insting memilih makanan yang sama dengan kerabat mereka yang masih hidup di alam liar. Tetapi itu bukan berarti bahwa kelinci Kamu akan selalu memilih sesuatu yang baik dan sehat ketika mereka makan. Terutama karena kelincimu tidak berada di lingkungan alaminya. Jadi jika kelinci peliharaanmu tidak tahu apa yang harus dimakan yang juga baik untuknya, timbulah pertanyaan: Apakah Kamu tahu makanan apa yang harus diberikan ke kelinci Kamu?

Kelinci memiliki sistem pencernaan yang sangat sensitif, yang membuatnya rentan terhadap berbagai gangguan perut dan kadang-kadang bahkan penyakit serius jika rezim makan mereka bukan yang tepat. Inilah mengapa Kamu perlu tahu makanan apa yang harus kamu berikan ke kelincimu

Makanan Apa Yang Harus Diberikan Ke Kelincimu ?

Sistem pencernaan kelinci yang sehat membutuhkan banyak konten serat agar berfungsi dengan baik. Meskipun ada banyak makanan di luar sana yang memiliki kandungan serat, itu mungkin tidak cukup untuk kelinci Kamu, yang mengharuskan sebagian besar makanannya adalah rumput hay. Tentu saja, kamu dapat menambahkan pelet dan sayuran ke dalam makanan kelincimu, tetapi itu hanya sebagai penyeimbang bagian utama dari makanannya, yaitu rumput hay.

Ada alasan mengapa kelinci mengunyah banyak rumput dan hay ketika mereka berada di elemen lingkungan alami mereka. Itu karena serat yang terkandung dalam rerumputan merangsang fungsi usus dan membantu mencegah hairball (Wool Block) sembari menjaga gigi mereka tetap terkikis.

Secara umum, menjaga pola makan seimbang yang terdiri dari rumput hay, pelet dan sayuran, haruslah mencukupi untuk kelincimu. Makanan lain yang mungkin ingin dimakan kelincimu, asalkan tidak beracun atau berbahaya baginya, hanya boleh diberikan sesekali saja dan bukan sebagai bagian dari makanan utamanya. Sama pentingnya untuk membatasi asupan peletnya sembari menyediakan banyak hay setiap saat dan cukup sayuran segar.

Rumput Hay (Jerami)

Karena makanan kelinci haruslah terdiri dari serat, hay harus selalu tersedia untuk kelinci Kamu setiap saat. Ok, hay itu penting, tapi jenis hay apa yang harus saya pilih? Untuk kelinci dewasa, jenis rumput seperti timothy atau oat hay adalah pilihan terbaik. Untuk kelinci muda, alfalfa hay adalah pilihan yang lebih baik karena mengandung lebih sedikit serat dan lebih banyak kalsium dan protein, yang keduanya membantu kelinci muda tumbuh. Setelah kelinci tumbuh hingga enam atau tujuh bulan, disarankan untuk secara bertahap beralih ke rumput dengan konten serat yang lebih tinggi.

Tergantung pada kelinci, beberapa hay lebih disukai daripada yang lain, dan beberapa kelinci akan memakan lebih banyak pelet daripada jerami jika diberi kesempatan. Jika kelinci Kamu tidak begitu memakan banyak hay pada pola makan hariannya, penting untuk mengurangi jumlah pelet dan menambahkan lebih banyak hay segar beberapa kali sehari untuk membuatnya beralih ke hay ketika lapar.

Jika kelinci Kamu lebih menyukai alfalfa hay, Anda harus menerapkan teknik yang sama seperti yang dijelaskan dalam paragraf di atas. Secara bertahap mengurangi jumlah rumput alfalfa sambil meningkatkan jumlah rumput jenis lainnya, semisal timothy, tetapi tetap dicampur sampai kelinci Kamu mulai makan lebih banyak hay yang baru saja dicampur daripada rumput alfalfa.

Pelet

Pelet bukanlah pilihan alami bagi kelinci di alam liar, oleh karena itu Kamu tidak boleh memberi makan pelet ke kelinci Kamu sebagai bagian utama dari makanannya. Meskipun pada dasarnya tidak berbahaya, masalah dengan pelet terletak pada kenyataan bahwa pelet diciptakan untuk produksi kelinci komersial, sehingga mereka sangat tinggi kalori. Konsekuensi utama dari kelinci yang diberi makan secara eksklusif pada pelet adalah obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Kami merekomendasikan untuk memberi makan pelet ke kelinci peliharaan Kamu, karena mereka kaya akan nutrisi, tetapi Kamu harus mengkategorikannya sebagai bagian kecil dari pola makan mereka dan cobalah memberikan sayuran segar dan hay lebih banyak daripada pelet.

Jika Kamu memutuskan untuk tetap menggunakan pelet sebagai bagian dari pola makan kelinci Kamu, carilah yang bagus dan berkualitas. Beberapa spesialis merekomendasikan untuk memilih pelet yang memiliki sekitar 20-25% serat dan 14% protein, dengan kalsium kurang dari 1% untuk kelinci peliharaan. Jumlah yang harus diberikan harus dihitung tergantung pada berat kelinci. Kelinci muda harus memiliki pelet yang tersedia setiap saat, lalu kurangi pelet ketika kelinci berusia sekitar enam bulan.

Kelinci dewasa harus diberi makan sekitar 20 gram pelet per hari untuk kelinci kurang dari 1,5 kg, 41-55 gram untuk 1,5-3,1 kg, 55-82 gram untuk kelinci 3,1-4,5 kg, dan 124 gram untuk kelinci dengan berat di atas 4,5 kg .

Sayuran Hijau

Sayuran harus menjadi bagian dari makanan kelinci Kamu, bersama dengan rumput hay. Sayuran tersedia secara alami untuk kelinci yang hidup di alam liar, jadi memang itu pilihan yang baik untuk kelinci di habitat alaminya.

Untuk pola makan yang seimbang, penting untuk memberi mereka makan berbagai sayuran segar setiap hari, seperti wortel, seledri, peterseli, brokoli, daun andewi, selada, caisim, dan dandelion. Kamu juga dapat memberi makan daun kale dan bayam ke kelincimu, tetapi karena kandungan oksalatnya yang tinggi, Kamu harus membatasi jumlahnya.

Jika beralih dari pelet ke sayuran, Kamu harus secara bertahap memasukkan sayuran baru tersebut ke dalam pola makan kelinci Kamu agar perutnya terbiasa dengan perubahan itu.

Juga penting untuk diketahui adalah bahwa kembang kol, kentang, kacang-kacangan dan kubis harus dihindari, karena mereka diketahui menyebabkan masalah pada pencernaan kelinci. Selada bokor (iceberg lettuce, selada dengan bonggol) juga salah satu yang tidak boleh, karena dapat menyebabkan diare dan tidak memiliki nilai gizi sama sekali.

Camilan

Meskipun beberapa kelinci mungkin sangat menyukainya, camilan bukanlah makanan terbaik untuk dimakan. Camilan komersial yang dijual di toko-toko kadang-kadang dapat menyebabkan masalah pencernaan pada kelinci karena gula dan karbohidratnya yang tinggi. Alternatif yang lebih baik daripada camilan kelinci yang ditemukan di toko-toko hewan adalah buah-buahan. Sedikit buah segar sebagai suguhan sehari-hari pada umumnya baik-baik saja dan tidak menyebabkan masalah pada kelincimu. Ranting apel juga camilan kelinci yang baik, selain itu ranting apel juga bermanfaat untuk mengasah gigi kelinci.

Tinggalkan Balasan

Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda di situs web kami. Dengan menjelajahi situs web ini, Anda menyetujui penggunaan cookie kami.
Cart Item Removed. Undo
  • No products in the cart.

BAKPAO RABBIT

TAKE 20% OFF

Berlangganan milis Bakpao Rabbit untuk menerima pembaruan tentang produk baru, penawaran khusus, dan informasi diskon lainnya.

%d blogger menyukai ini: